*WELCOME TO MY BLOG*

Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Tentu teman-teman sudah tidak asing dengan kata-kata itu. Kali ini saya akan membahas tentang ”Hemat Pangkal Kaya”. 
Rajin menabung dapat membiasakan hidup hemat kan sob? Bukan begitu? Membuat celengan cantik karya sendiri pasti lebih menarik daripada kita harus membli celengan di toko-toko pada umumnya. Selain itu barang yang dijual di toko-toko kebanyakan sudah banyak yang memiliki dengan model yang sama. Alias sudah pasaran.

Selain itu kita juga pasti lebih senang dan bangga jika kita dapat menciptakan suatu hasil karya sendiri. Bukan begitu? Kita juga lebih bersemangat untuk menabung jika kita membuat celengan / tempat menyisihkan uang sendiri. Kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menciptakan sesuatu yang WOW, alias sesuatu yang dapat membuat kita bangga.
Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit tips dan cara untuk membuat celengan cantik. Langkahnya sangat mudah kok. Bahan nya dapat kalian peroleh di rumah kalian masing-masing atau di tempat penjahit yang ada di sekitar tempat kalian tinggal.
Berikut ini langkah-langkah untuk menyulap benda yang sebelumnya biasa menjadi sesuatu yang luar biasa manfaatnya. Jangan dilihat dari harga bahan nya, tapi lihatlah dari manfaat kita membuatnya. Bahkan bisa membuat kita penasaran tentang isinya.
A. Yang pertama yaitu menyiapkan bahan, antara lain :
·        kain flanel secukupnya
·        Kaleng bekas susu yang sudah tidak terpakai / sejenisnya
·        Gunting dan cuter
·        Lem/perekat

B. Yang kedua yaitu cara membuat :
1.    Gunting kain flannel sesuai dengan bentuk kaleng bekas (melingkar misalnya) jadi berbentuk persegi panjang. Dan bentuklah kain tersebut pas dengan alas dan atapnya berbentuk lingkaran.
2.   Rekatkan kain perca pada kaleng tersebut. Lubangi pada bagian atas kain perca seperti pada celengan pada umumnya. Warna kain flanel dapat disesuaikan dengan selera.
3.   Beri motif melingkar atau sesuai dengan selera menggunakan kain flannel  yang berbeda dari kain perca dasar.
4.   Kalian dapat membentuk kain menyerupai bunga dll. Kalian juga dapat memberntuk berbagai macam kreasi seperti bunga ataupun kupu-kupu dll dan kemudian di tambahkan dibagian atas celengan atau samping.
Sangat sederhana dan mudah kan cara membuatnya. Bahan nya pun juga dapat diperoleh dengan sangat mudah. Bahkan ada yang memiliki sendiri dirumah. Dengan membuat karya sendiri, kita sudah belajar untuk menghargai karya sendiri dan orang lain. Tentu kalian tidak mau kan jika karya yang kalian buat tidak dihargai oleh orang lain? Maka dari itu kita harus saling menghargai satu sama lain. Agar karya kita juga dapat diargai oleh orang lain.
Jika kalian sudah mahir membuat celengan tersebut, kalian juga dapat memperoleh keuntungan dari pembuatan celengan itu. Kalian bisa membuat lebih banyak dan menjualnya. Mungkin bisa dititipkan ke pasar-pasar terdekat dan jika kalian sudah mempunyai modal, kalian bisa membuka toko sendiri. Selain membuat celengan, masih banyak lagi yang dapat kalian manfaatkan dari kain perca tersebut.
Terkadang ide muncul ketika kita mau berniat untuk mencoba sesuau hal yang baru dan kita tidak takut untuk menuangkan ide tersebut kedalam sebuah karya.
Semoga sedikit artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. bagi kalian yang tertarik untuk membuat celengan karya sendiri kain flanel, selamat mencoba !! :)

Comments (1)

On 30 Juni 2016 pukul 12.46 , Unknown mengatakan...

wahh sangat kreatif.
jangan lupa kunjungi juga www.smartkiosku.com yaa