*WELCOME TO MY BLOG*

  GREEEN STATIONARY

       Buku dan berbagai alat tulis adalah hal yang paling dekat dengan hidup kita sehari-hari. Mulai dari sekolah sampai pergi les,benda yang satu ini nggak pernah ketinggalan dari ke sekolah sampai pergi les. Sayangnya,pengunaan stationary oleh manusia juga membawa dampak negatif buat alam *OMG. Banyak dari peralatan ini yang langsung dibuang begitu habis,and untuk memproduksinya kembali, nggak hanya prosesnya yang panjang guys, tapi efeknya hjuga kurang baik untuk lingkungan. Untuk mengakalinya sekarang sudah banyaj green stationary sama fungsinya, sama kerennya, tapi lebih ramah lingkungan.

 

fact about green stationary ~



let me introduce thefirst chart green stationary is a.............

Paper/kertas
     Di eropa saja,setiap tahunnya ada 2 juta ton kertas yang digunakan. Bayangkan ada berapa banyak totalnya di seluruh dunia bayangkan ada berapa banyak di seluruh dunia! Sayangnya masih sedikit sekali orang yang mau mendaur ulang krtas dan memilih buat beli baru, because faktanya 74% dari sampah kertas ini akan dibuang ke tong sampah. Tahun 2007 untuk pertama kalinya inngris mengimpor sampah kertas di eropa untuk didaur ulang menjadi kertas baru. Kertas-kertas ini kemudian juga di-recycle menjadi Paper bag, bahkan kertas kado.











waiting....... the second is......

pencil

   Penebangan hutan seringkali dilakukan dengan tidak bertanggung jawab. Artinya, pohon-pohon yang masih muda,atau berusia 10-15 tahun, sudah ditebangi. Prihatin dengan kondisi ini akhirnya diciptakanlah pensil-pensil yang lebih ramah lingkungan. Green pencils terbuat dari hasil daur ulang CD bekas,jeans yang sudah lapuk, atau dari lahan khusus pohon yang sudah layak tebang. Tenang pensil ini sama kuat dan desainnya pun keren banget! Oh iya, biar tambah green, setelah meraut pensil jangan buang sampahnya. Tampung dan gunakan lagi, misalnya sebagai hiasan lukisan,




the third place is...........

pencil case/tempat pensil

   Tempat pensil plastik memang lucu-lucu banget. Biasanya mereka tampil warna-warni dengan gambar  yang cute pula, tapi, tempat  pensil plastik ternyata kurang ramah lingkungan karena semakin banyak produk plastik yang dibuat, artinya semakin besar kuota minyak bumi yang diolah dengan enggak semestinya. nah sekarang kita bisa pakai tempat pensil plastik yang sama lucunya, tapi terbuat dari hasil recycle ban mobil bekas, selain lebih cinta bumi, tempat pensil ini dijamin lebih kuat lho!
















 AND the fourth place is...........

PULPEN
    
      Ada yang punya printer nggak terpakai? jangan dibuang dulu! ternyata, sekarang printer bisa di-remakeBody printer yang terbuat dari plastik, bisa di recycle menjadi casing pulpen. sementara ring di bagian dalam printer bisa diubahh jadi mata pulpen yang terbuat dari besi. Tintanya? bisa dicairkan ulang dari catridge bekas yang tidak digunakan lagi. menjadi pulpen. Semua perkakas di dalam sebuah printer bisa digunakan ulang.















fifth place is a.......

notebook

   Jangan hanya mengurangi penggunaan kertas saja. Biar lebih afdol, gunakan pula notebook hasil recycle.recycle karton bekas susu atau minuman lain.
Benda ini nggak hanya bisa dipakai buat corat-coret, tapi juga bisa digunakan sebagaui buku catatan sekolah. Di Amerika,beberapa sekolah bahkan sudah mengharuskan buku ini bagi siswanya. Ada buku yang memang didesain sebagi buku catatan, ada juga yang bisa dipakai diary karena kertasnya colourful. Nggak itu saja, sampulnya yang hard cover, ternayta dibuat dari














the last and sixth place is a..............

ruler/penggaris

   penggaris masa kini ternyata juga ada yang dari hail daur ulang. Produksi penggaris ini dijamin 100% sampah plastik lama yang diolah kembali. Dengan menggunakan penggaris ini, kita jadi tidak menyumbang sampah plastik baru, ataupum mebuat olahan minyak bumi terbuang sia-sia. Penggaris ini tersedia daalam berbagai pilihan ukuran, mulai dari 15,30 sampai 60cm.












      Dari artikel di atas nggak bisa dipungkiri kalau produk dari plastik,kertas,kaleng, dan lainnya dekat dengan keseharian kita, Dengan keseharian kita. Barang-barang yang tidak di recycle akan meningkat dan akan menghasilkan timbunan sampah. padahal, tidak hanya pembuatannya yang membuang banyak energi, tetapi setelah terpakai pun barang-barang tersebut masih menyisakan masalah. maka dari itu kita harus bertanggung jawab kepada bumi salah satunya dengan recycle! think green!.  aryo bagas p

dok.foto: google images

Comments (0)