*WELCOME TO MY BLOG*
Tips : Recycling for begginer

    Baterai
pakai baterai yang diisi ulang

Alasan :
Dapat mengurangi 330.00 ton sampah baterai di seluruh dunia! Satu baterai mengandung racun kimia yang trserap di tanah,air tanah,akar tanaman,termasuk konsumsi satwa dan manusia. Racun ini tidak akan hilang sampai 50 tahun lamanya, lho.

Mengurangi polusi ozon hingga 30 kali lipat mengurangi pemanasan global hingga 28 kali Lipat,mengurangi racun di udara yang kita hirup sebanyak 9 kali lipat, dan mengurangi sumber daya yang tidak dapat diperbarui sampai 23 kali lipat.

Satu pak baterai isi ulang dapat menggantikan 93 pak baterai biasa.


      Plastik
tanpa sadar kita telah menggunakan plastik seenaknya di kehidupan sehari-hari. Sekali pakai langsung buang. Padahal plastik diciptakan agar dapat dipakai berulang kali. Hampir semua produk dibungkus dalam kemasan plastik yang kemudian dibuang ke tempat sampah sehingga ujung-ujungnya bertumpuk dan mengotori lingkungan . Padahal p;astik tidak dapat terurai hingga ribuan tahun.

Yang bisa kita lakukan:
Memilih mug dibandingkan gelas plastik, terutama saat di coffe shop.

Tidak membeli air minum dalam botol plastik, tapi mebilih membawa botol sendiri

Membawa tas belanja yang dapat dipakai ulang.

Membeli produk plastik yang dapat didaur ulang atau hasil daur ulang (perhatikan tanda segitiga daur ulang












        Gelas
memakai lagi atau mendaur ulang gelas/kaca tidak hanya menguntungkan lingkungan tapi juga menghemat energi. Energi yang dipakai untuk mengolah 1 botol kaca sama besarnya dengan energi yang diperlukan untuk menyalakan 1 bohlam lampu berkekuatan 100 watt selama 1 jam.


         Kertas
Konsumsi ketas indonesia tahun 2005 sebesar 5,6 jutan ton *waks! Dibutuhkan 22.4 juta meter persegi kayu untuk produksinya. laju kehilangan dan kerusakan hutan tahun 2000-2005 di indonesia setara dengan 364 lapangan bola, Dengan mendaur ulang kertas sebanyak 1 ton, kita telah menghemat 17 pohon, 3 meter persegi lahan, mengurangi emisi karbon dalam proses pembuatan kertas sebanyak 70% dan hemat energi hinggs 40% 9cukup untuk menyalakan 512 rumah dalam setahun


Yang bisa kita lakukan:

kurangi pengunaaan tisu

gunakan dua sisi kertas

hindari mencetak dokumen, gunakan softcopy

gunakan kertas daur ulang

salurkan sampah kertas anda ke [pemulung atau industri kertas daur ulang.


Sekian tips dari saya semoga bermanfaat ^^   THINK GREEN!. ARYO BAGAS P


Comments (0)